Penjelasan Kegiatan Projek (7 Agustus 2023 / 08.10 - 09.30

1. LATAR BELAKANG PROJEK

Frasa Bhineka Tunggal Ika sudah bukan menjadi hal  yang  asing  untuk  didengar oleh warga negara Indonesia. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang telah ditetapkan sejak zaman di awal kemerdekaan.Arti Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia  yang  dijelaskan  oleh  Kementerian  Pendidikan   dan   Kebudayaan sebagai semboyan bangsa Indonesia. Bhineka Tunggal Ika memiliki arti yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu. Arti ini memberikan kekuatan akan rasa toleransi dan rasa mencintai atas perbedaan agama, ras, suku, bangsa, bahasa, adat, dan budaya yang ada di Indonesia. Semboyan ini juga menjadi motto yang menggambarkan bahwa Indonesia  terdiri  dari  puluhan  ribu  pulau  dengan berbagai suku budaya yang beragam.

 Ragam budaya Indonesia menghasilkan berbagai tarian dan lagu-lagu daerah. Supaya keragaman budaya tersebut lebih dikenal oleh peserta didik maka perlu diimplementasikan dalam projek profil pelajar pancasila. Projek ini juga sekaligus sebagai perwujudan kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78

 Tema yang diangkat dalam projek ini merupakan salah satu dari tujuh tema yang dirumuskan dalam Naskah Profil Pelajar Pancasila yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” dengan judulPagelaran Budaya Nusantara Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-78 SMPN 4 Bantarbolang

 Melalui projek ini, peserta didik diharapkan berproses melalui pengalaman belajarnya untuk mencapai 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Berkebhinekaan Glogal, Kreatif dan Gotong royong dengan sub elemen dan capaian Bhinneka Tunggal Ika pada fase D.


2. TUJUAN PROJEK

Tujuan dari pelaksanaan Projek ini adalah :

    1. Untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam bidang seni tari dan seni suara
    2. Dapat      lebih      menghargai        kebudayaan        bangsa        Indonesia       dan melestarikannya.
    3. Dapat menambah pengetahuan umum tentang keragaman budaya Nusantara khususnya dalam hal tarian dan lagu daerah
    4. Meningkatkan      rasa      nasionalisme       dan     bangga       menjadi      bangsa Indonesia.

3. TAHAPAN PROJEK

Projek ini terdiri dari empat tahapan yaitu :

1) Tahap pengenalan.

Di tahapan ini akan membawa peserta didik untuk diskusi dan mengenali keragaman budaya berupa tarian daerah dan lagu daerah. Setelah itu, mereka akan diajak eksplorasi isu untuk melihat masalah nyata di lingkungan sekolah Bagaimana meningkatkan rasa nasionalisme dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

2) Tahap kontekstual.

Pada tahap ini guru dan peserta didik akan belajar bersama mulai dari kegiatan menggali informasi tentang kebhinekaan budaya Indonesia khususnya keanekaragaman tarian dan lagu daerah yang ada di Indonesia, dan kebutuhan informasi lainnya yang memberikan inspirasi, gambaran dan pemahaman bersama antara guru dan peserta didik. Hal-hal tersebut akan menjadi pertimbangan saat mereka mencari gagasan atau ide untuk praktek menari dan menyanyi lagu daerah indonesia yang sudah dipilih mereka untuk dbuat pada akhir tahap ini.

3) Tahap aksi

Peserta didik menuangkan aksi nyata mereka dengan melakukan praktek menari tarian daerah dan menyanyi lagu daerah, dalam suatu pagelaran sekaligus untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78

4) Tahap Refleksi dan tindak lanjut

Pada tahap ini peserta didik menyusun laporan akhir yang berisikan tentang dokumen-dokumen selama mengikuti semua kegiatan projek. 


4.  DIMENSI, ELEMEN, DAN SUB ELEMEN PENILAIAN PROJEK


Dimensi Profil Pelajar Pancasila 

Elemen Profil Pelajar Pancasila 

 Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila

 Target Pencapaian Di Akhir Fase D (SMP, 13 - 15 tahun)

Berkebhinnekaan Global

Mengenal dan menghargai budaya

Mendalami budaya dan identitas budaya

Memahami perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional.

Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa

mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

Menumbuhkan rasa menghor- mati terhadap keanekaragaman budaya

Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari- hari

Got ong royong

Kolaborasi

Kerja sama

Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan.

Kepedulian

Persepsi sosial

Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.

 

Berbagi

 

Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal .

Kreatif

 

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/a tau pe rasaann ya.

 

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau pera saannya dalam bentuk karya dan/atau tin dakansertmengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain .

 

Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan


Terakhir diperbaharui: Minggu, 6 Agustus 2023, 01:26