Uraian Singkat P5 Tema Kewirausahaan

P5 KEWIRAUSAHAAN

(MERAJUT JIWA WIRAUSAHA MELALUI MAKRAME)

 

Deskripsi Singkat

 Pengertian pengertian kewirausahaan secara harafiah dan menurut para ahli dan penulis. Melalui pengertian wirausaha dapat memberi gambaran tentang wirausaha yang akan dijalan. Wirausaha proses menciptakan nilai yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Wirausaha juga merupakan proses membaca peluang yang ada dan memanfaatkannya untuk menjadi peluang usaha. Wirausaha memiliki manfaat yang besar, berdampak pada wirausahawan secara pribadi karena dapat menghasilkan uang atau profit dari proses usaha yang dijalankan. Manfaat bagi lingkungan sekitar yaitu dengan tersedianya tenaga kerja baru maka akan muncul kesempatan kerja bagi pencari kerja dan mengurangi pengangguran terutama bagi mahasiswa yang baru lulus. Terserapnya masyarakat yang menganggur sehingga tidak salah kalau wirausahaan disebut pahlawan dalam mengurangi pengangguran. Manfaat untuk Negara adalah dengan kontribusi pada peningkatan pendapatan melalui pajak. Macam profil wirausaha memberikan kategori wirausaha baik yang wiausaha secara penuh waktu maupun paruh waktu sebagai wirausaha. Selama ini mungkin beberapa orang tidak merasa menjadi wirausaha tapi melalui buku ajar ini, kita dapat melihat lebih detail tentang wirausaha.

 

Defenisi Kewirausaan

Salah satu tanda kemajuan seuatu negara ditandai dengan banyaknya orang yang berpendidikan, semakin banyak yang mengenyam pendidikan maka persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi makin sulit yang menyebabkan meningkatnya angka pengangguran dari tahun ke tahun sehingga dibutuhkan suatu solusi yang efektif. Wirausaha merupakan salah satu dari beberapa solusi dalam mengurangi pengangguran akibat semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Kata wirausaha semakin sering kita dengar tapi mungkin masih ada yang bigung apa sebenarnya yang disebut dengan wirausaha. Wirausaha secara harafiah kata wira dapat diartikan sebagai berani dan usaha artinya daya upaya sehingga dapat kita menarik kesimpulan bahwa wirausaha adalah tentang keberanian. Keberanian dalam memulai sesuatu yang diyakini akan berhasil dan memberikan manfaat. “Saiman (2009) mendefenisikan wirausaha adalah seseorang yang memutuskan untuk memulai suatu bisnis, sebagai pewaralaba menjadi terwaralaba, memperluas sebuah perusahaan, memberli perusahaan yang sudah ada, atau barang kali meminjam uang untuk memproduksi suatu produk baru atau menawarkan suatu jasa baru serta merupakan manajer dan penyandang resiko”. Drucker (1985) berpendapat bahwa wirausaha adalah kegiatan atau orang yang mampu memanfaatkan peluang. Sedangkan, Albert Shapero (1975) berpendapat seorang wirausahawan adalah seorang yang memiliki inisiatif, mengorganisir mekanis sosial dan ekonmi, dan menerima resiko kegagalan. Robert Hisrich berpendapat bahwa wirausaha adalah proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaga disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadi (Alma, 2013). Wirausaha adalah suatu proses menciptakan suatu nilai baik berupa barang ataupun jasa yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan peluang dan dikelola secara mandiri. Artinya bahwa wirausaha menghasilkan sesuatu yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan orang lain dengan cara yang kreatif dan menanggung resiko dari kegiatan tersebut.

 

 

Manfaat

Berwirausaha Penelitian terdahulu banyak mengemukakan bahwa menghasilkan banyak uang hasil kerja keras melalui usaha yang dimiliki baik itu bisnis mikro, kecil atau menengah lebih membanggakan dibanding bekerja diperusahaan besar. Sebelum mendirikan usaha sendiri berikut merupakan faktor yang sebaiknya dipertimbangkan manfaat dari kepemilikan usaha. 

  1. Kebebasan mengendalikan nasib sendiri Memiliki usaha sendiri adalah salah satu mimpi banyak orang karena tidak terkekang oleh atasan atau boss yang membatasi baik waktu maupun pekerjaan mereka. Wirausaha bebas melakukan apa saja yang mereka ingin kerjaan walaupun pekerjaan mereka bukan berarti malas-malasan tapi mereka tidak terikat oleh waktu dalam mengerjakan sesuatu.
  2. Kebebasan melakukan perubahan Perkembangan dunia usaha terus berkembang sehingga memerlukan perubahan untuk menyesuaikan. Sebagai pemilik usaha maka wirausahawan dapat melakukan perubahan dengan cepat sesuai dengan perkembangan yang ada misalnya saja saat ini banyaknya usaha yang berafiliasi dengan Gojek dan Grab untuk jasa mengantar barang, makanan dan apapun yang membutuhkan jasa mengantar, seorang wirausahawan harus mampu merespon dengan cepat karena itu merupakan kebutuhan saat ini yang digunakan banyak orang.
  3. Sumber pendapatan Pastinya dari banyak wirausaha tujuan utama mereka memiliki banyak tujuan. Yang paling dominan pasti alasan keuangan yang mungkin bagi beberapa orang hanya untuk menambah pendapatan atau pendapatan sampingan tapi kebanyakan wirausahawan menggeluti usaha untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang lebih banyak.
  4. Rasa bangga Sebagai pemilik suatu usaha pasti memiliki kebanggaan bagi diri sendiri maupun keluarga, ketika usaha yang dimiliki sudah mulai dikenal banyak orang pasti akan memiliki rasa bangga yang tidak ternilai sebagai wirausahawan, berjuang dari nol dan memetik hasilnya tidak hanya berbicara masalah keuntungan secara materi tapi secara sosial juga meningkat, pastinya semakin dikenal masyarakat.

Karakter Kewirausahaan

Sebagai seorang wirausahawan harus memiliki karakter khusus yang membedakan dirinya dengan orang yang bukan wirausahawan. Karakter ini mebentuk dirinya menjadi lebih matang dan menjadi penuntun untuk bisa maju atau menjadi wirausahaan sukses. Wirausahawan sukses dunia bukan dilahirkan tapi karena di tempa. Setiap orang dapat ditraining menjadi wirausahawan dengan bantuan mentor atau orang yang lebih ahli atau berpengalaman sehingga seorang wirausahawan dapat menjalankan usahanya dan yang terpenting untuk diketahui bahwa wirausaha bukan diturunkan secara genetika. Setiap orang memiliki kemampuan yang sama untuk menjadi wirausaha tapi yang membedakan adalah usaha masing-masing. Ada orang yang serius menekuninya sehingga sukses menjadi wirausaha, ada juga yang tidak terlalu menaruh hatinya secara keseluruhan dalam mengembangkan usahanya sehingga tidak terlalu berhasil da nada juga yang sama sekali tidak mengembangkan jiwa wirausahanya. Menjadi seorang wirausahawan setidaknya harus memiliki memiliki karakter mendasar untuk menjadi wirausaha yang sukses. Menurut Alma (2013) seorang wirausaha itu harus mampu melihat jauh kedepan tapi bukan melamun tetapi wirausaha adalah seseorang yang mampu melihat, memperhitungkan dan memilih alternative dalam pemecahan masalah. Seorang wirausaha harus mampu berpikir cepat Berikut adalah adalah karakter yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk mencapai mimpinya menjadi wirausaha sukses.

  1. Bertanggung jawab Seorang Wirausahawan harus memiliki karakter bertanggungjawab yang sangat besar terhadap hasil atau usaha yang dijalankan, seorang wirausaha memiliki tanggungjawab dalam mengendalikan sumber daya yang dimiliki untuk dikelola dan dikembangkan untuk lebih berkembang setiap harinya. Pemegang kendali secara keseluruhan ada di dalam diri wirausahawannya sendiri sehingga membutuhkan rasa akan beban yang dimiliki dalam mengelola usahanya.
  2. Pekerja keras Mendapatkan sesuatu yang diharapkan harus ada harga yang harus dibayar. Mendapatkan hasil yang baik harus mengerjakan dengan tenaga dan pemikiran yang luar biasa untuk meraih kesuksesan. Wirausahawan harus selalu mau berusaha terus dan terus dalam mencapai mimpinya karena kesuksesan tidak datang begitu saja.
  3. Disiplin Wisausahawan harus mampu mengatur ritme kerjanya, mengerti akan waktu bekerja dan waktu untuk istirahat. Wirausahawan harus mampu membagi waktu dan mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan jadwal yang dibuatkan. Disiplin tidak hanya berbicara tentang mengerjakan sesuatu sesuai dengan jadwal kegiatan yang berhubungan dengan usaha yang sedang dijalankan tapi juga disiplin dalam menjaga pola hidup dalam mendukung kegiatan secara keseluruhan.
  4. Kreatif Wirausahawan harus mampu berpikir diluar pemikiran orang-orang biasa untuk menghasilkan karya-karya yang luar biasa sehingga mampu menciptakan produk yang diinginkan oleh orang lain. Wirausaha yang tidak mampu berpikir kreatif hanya akan menjadi pengikut tanpa pernah menjadi pioneer terhadap suatu ide yang bisa dijual.
  5. Solutif Wirausahawan harus mampu berpikir solutif untuk setiap masalah yang muncul dalam proses berjalannya usaha, wirausahawan harus mampu memikirkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi karena sebagai seorang wirausaha pasti akan menghadapi berbagai masalah dari internal maupun eksternal.
  6. Optimis Sikap optimis sangat penting dimiliki oleh seorang wirausahawan. Optimis dengan kemampuan yang dimilikinya mampu membawa kesuksesan dan mampu menghadapi setiap rintangan yang dihadapi.
  7. Orientasi masa depan Penting bagi wirausahawan dalam melihat peluang yang ada di masa depan, harus mampu membaca peluang-peluang yang ada untuk terus berusaha tanpa harus mempersoalkan kegagalan yang dihadapi dimasa lalu.
  8. Fokus kinerja Seorang wirausahawan harus memperhatikan kinerja yang dilakukannya dan melakukan evaluasi untuk memperbaiki kinerja yang akan datang. Fokus pada kinerja yang baik pasti akan membawa usaha kea rah yang positif.
  9. Komitmen Komitmen merupakan karakter yang harus dimiliki wirausahawan, tidak bisa mengerjakan dengan setengah hati. Harus siap menghadapi resiko dan mencari solusinya secepat mungkin ketika resiko sedang dihadapi.
  10. Ulet Karakter ulet menjadi karakter yang penting bagi wirausaha. Keuletan seorang wirausaha akan mampu memberikan semangat dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang dihadapi menjalankan bisnis.

Setidaknya 10 karakter diatas harus dimiliki oleh seorang wirausaha untuk menunjang kesuksesan usaha yang ditekuninya. Wirausahaan yang sukses pasti memiliki karakter pembeda dengan wirausaha yang lain.

Macam Profil Wirausaha

Kita dapat membagi wirausaha menjadi beberapa macam kalau kita perhatikan di sekitaran lingkungan kita. Dapat kita lihat dibawah ini dalam Alma (2013)

  1. Women entrepreneur Wanita yang bekerja dibidang bisnis dengan alas an untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, menunjukkan kemampuan prestasi diri atau bahkan karena bermasalah dengan pekerjaan sebelumnya.
  2. Minority entrepreneur Kaum minoritas melakukan menggeluti bidang wirausaha karena keterbatan atau tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang pemerintahan atau bidang lainnya yang seperti masyrakat pada umumnya. Seperti halnya juga perantau ke daerah yang baru yang mengembangkan bisnis.
  3. Immigrant entrepreneur Kelompok pendatang yang datang ke suatu Negara atau daerah pasti akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan formal sehingga memulai untuk membuat suatu bisnis di tempat barunya yang nantinya terus berkembang.
  4. Part time entrepreneur Orang yang memulai bisnis disela waktu kosong, biasanya melakukan pekerjaan bisnis disamping pekerjaan utamanya, dan biasanya bias beralih profesi dan meninggalkan pekerjaan utamanya karena bisnisnya semakin berkembang.
  5. Home-based entrepreneur Orang yang melakukan usahanya di rumah misalnya seperti ibu rumah tangga membuat kue dan dititipkan ke rumah makan atau warung kecil lainnya sehingga nanti bias berkembang menjadi lebih besar. Bisnis usaha makanan catering banyak dimulai dari rumah.
  6. Family owned business Usaha yang dimulai dan dikerjakan oleh keluarga, misalnya sebuah bisnis keluarga yang dimulai oleh ayah dikeluarga dan terus berkembang dan cabang kedua dibuka dan diurus oleh Ibu dan ketika buka cabang lagi dibuka dan diurus oleh anaknya dan seterusnya.
  7. Copreneurs Usaha yang dimulai dari keluarga tapi dibagi berdasarkan keahlian masing-masing, bisnis yang dijalankan dibagi menjadi beberapa divisi atau bidang dan setiap orang menjadi penanggung jawab setiap bidangnya masing.


Terakhir diperbaharui: Sabtu, 24 Agustus 2024, 06:13